Uncategorized

Sejarah STT KADESI Yogyakarta

STT KADESI dapat mewujudkan citra dirinya seperti sekarang ini melalui tahap-tahap perkembangan kelembagaan yang dalam garis besarnya sebagai berikut: Pada tahun 1995, Timotius Sukarna dan Muner Daliman Memiliki kerinduan untuk mendirikan Yayasan yang disebut Yayasan Kasih Desa Indonesia yang dibantu oleh hamba-hamba Tuhan yang memiliki komitmen pelayanan pedesaan dengan maksud dan tujuan untuk mempersiapkan pelayan Tuhan yang mandiri sehingga dibentuklah yang pertama kali Sekolah Pelayanan Pedesaan Indonesia (SPPI), berkembang menjadi Sekolah Menengah Teologi Kristen (SMTK) dan Mendirikan Pelayanan Pedesaan Indonesia (APPI) dan pada tahun 2006, mendirikan Perguruan Tinggi Teologi yang disebut STT KADESI Yogyakarta dan pada tahun 2009 mendapat Ijin Penyelenggaraan dari Dirjen Bimas Kristen Departemen Agama Republik Indonesia untuk Prodi Teologi, kemudian masing-masing Program Studi terakreditasi BAN-PT.

  1. Program Sarana Teologi terakreditasi BAN-PT pada tahun 2013, melakukan reakreditasi dan mendapatkan Akreditasi BAN-PT pada tahun 2018.
  2. Program Sarjana Pendidikan Agama Kristen terakreditasi BAN-PT pada tahun 2015, melakukan reakreditasi dan mendapatkan Akreditasi BAN-PT pada tahun 2020.
  3. Program Magister Pendidikan Agama Kristen terakreditasi BAN-PT pada tahun 2015
  4. Institusi STT KADESI terakreditasi BAN-PT pada tahun 2017
  5. Program Doktor terakreditasi BAN-PT pada tahun 2018

Sedangkan untuk Program Magister Kepemimpinan Kristen (M.Th) sudah mendapat Perpanjangan Injil Penyelenggaraan dari Dirjen Bimas Kristen Kementrian Agama Republik Indonesia pada tahun 2019 dan sedang dalam tahap persiapan pengajuan Akreditasi BAN-PT. Selain Program tersebut di atas Yayasan KADESI juga mendirikan TK, SMP, SMA, SMTK dan STT di berbagai kota/propinsi di Indonesia.